Surabaya Raih Adipura Kencana 2013 Kategori Kota Metropolitan

Surabaya, 17  Juni  2013

BKPPM-Surabaya: Partisipasi aktif yang ditunjukkan warga Kota Surabaya dalam menjaga kebersihan dan keasrian kota Surabaya, berbuah manis. Di tahun 2013 ini, Kota Surabaya kembali berhasil meraih Piala Adipura Kencana untuk kategori Kota Metropolitan.

 

Penghargaan paling bergengsi di bidang lingkungan ini diserahkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan diterima Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Istana Negara di Jakarta, Senin (10/6). Keberhasilan ini menjadi kado manis bagi Kota Surabaya yang baru saja memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-720 tahun pada 31 Mei lalu dan bagi segenap warganya.

 

Dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dan juga Dewan Pertimbangan Adipura, Kota Surabaya berhasil mengungguli beberapa kota metropolitan di Indonesia seperti Medan, Jakarta dan Kota Bandung. Ini penghargaan kedua beruntun bagi Kota Surabaya setelah tahun 2012 lalu, Piala Adipura Kencana juga diterima Kota Pahlawan.

 

Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT mengatakan, keberhasilan Kota Surabaya dalam meraih penghargaan Adipura Kencana, tidak lepas dari partisipasi aktif segenap warga Kota Surabaya yang selama ini telah mendukung dan mensukseskan program-program yang dibuat Pemerintah Kota Surabaya baik dibidang lingkungan maupun di bidang lainnya. Menurutnya, keberhasilan Surabaya meraih Adipura Kencana berkat kebersihan jalan, kebersihan taman, taman, penghijauan, pedestrian, dan inovasi yang lebih baik daripada kota metropolitan lainnya.

 

"Terima kasih kepada banyak pihak yang selama ini telah mendukung Pemkot Surabaya untuk ikut memelihara lingkungan sehingga Surabaya kembali meraih penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan yang kita terima ini kado bagi kota Surabaya yang baru genap berusia 720 tahun. Prestasi ini harus dipertahankan," jelas walikota.

 

Walikota mengatakan, piala atau penghargaan sebenarnya bukanlah tujuan utama dari kerja keras yang selama ini telah dilakukan. Namun, lebih kepada bagaimana upaya-upaya yang telah dilakukan dalam menjaga lingkungan dapat benar-benar dirasakan oleh semua pihak. Tidak kalah penting adalah upaya untuk menyadarkan masyarakat Surabaya terhadap pentingnya kebersihan. Ini karena kebanyakan orang menganggap bahwa kebersihan identik dengan budaya masyarakatnya.

 

"Jika lingkungan di Surabaya bersih, itu menandakan adanya peradaban yang tinggi. Jadi bukan hanya kita dapat penghargaan, tetapi kita ingin dinilai berbudaya bersih. Negara-negara maju yang peradabannya sudah tinggi, bisa dilihat dari lingkungannya yang bersih," tegas walikota.[]