Iklim Investasi

Surabaya merupakan gerbang perdagangan utama di wilayah Indonesia Timur. Dengan segala potensi, fasilitas, dan keunggulan geografisnya Surabaya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sebagai kota yang berkembang menjadi pusat perdagangan dan jasa, Surabaya memiliki kemudahan dan kecepatan akses terutama di bidang transportasi yang mampu melayani perjalanan lokal, regional, maupun internasional. Mulai dari Bandara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Peti Kemas, Terminal Penumpang Purabaya, Stasiun Kereta Api Gubeng dan Pasar Turi serta jaringan jalan darat yang dapat menghubungkan Surabaya dengan daerah-daerah hinterland di sekitarnya seperti kota Sidoarjo dan kabupaten Gresik.

Pertumbuhan ekonomi Surabaya tahun 2009 yang mencapai 5,04% masih lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 5,01%. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja ekonomi di Kota Surabaya membaik di tengah isu gejolak ekonomi global. Selain itu, daya beli masyarakat di sini cukup tertolong dengan adanya persaingan antar usaha, sehingga masyarakatnya dapat  mengkonsumsi barang atau jasa yang lebih murah dibandingkan dengan daerah lainnya. Kota Surabaya ternyata juga sangat menarik bagi dunia perbankan. Terbukti di Surabaya terdapat banyak bank, mulai dari bank sentral, bank swasta nasional devisa dan non devisa, bahkan bank asing.

Untuk memberi kemudahan dalam mengurus perijinan bagi investor, pemerintah kota Surabaya telah memiliki Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Ini merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah kota Surabaya dalam bidang investasi atau penanaman modal. Di tahun 2011 ini, Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan penghargaan kepada Kota Surabaya sebagai kota  terbaik dalam sektor pelayanan publik.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 2,9 juta jiwa, Surabaya merupakan pasar yang sangat potensial  bagi perdagangan. Surabaya juga memiliki Jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, ditambah dengan stabilitas politik dan keamanan yang cukup kondusif menjadikan Surabaya sebagai kota yang layak untuk berinvestasi.